Thursday, February 22nd, 2024
 

Mencicipi Menu Autentik Khas Bali di Putu Made Senayan City

Selain dikenal sebagai destinasi wisata terpopuler di Indonesia, Pulau Bali ternyata menyimpan kekayaan kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan

Tidak seperti makanan dari daerah lain seperti Sunda dan Padang, masakan Bali masih jarang diketahui oleh masyarakat. Padahal, kuliner Bali memiliki rasa yang sangat khas dan kaya akan bumbu.

Berangkat dari masalah ini, hadir satu restoran yang menyajikan menu otentik khas Bali bernama Putu Made. Restoran yang berlokasi di lantai 5 Senayan City, Jakarta Pusat ini menyajikan menu-menu otentik Bali yang sayang untuk dilewatkan.

[vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”12px”][vc_single_image image=”6612″ img_size=”full” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_empty_space height=”12px”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Mengusung tagline “Flavors of Bali”, Putu Made mencoba membawa masakan Khas pulau Dewata ini ke Ibukota dengan suasana yang lebih modern namun tidak menghilangkan rasa asli dari masakan. Begitu juga dengan suasana budaya bali yang kuat di Restoran Putu Made. Metaphor interior sebagai desain interior indonesia sangat mampu untuk memberikan sentuhan salah satu budaya dari indonesia, yaitu budaya Bali yang sangat kental pada Restoran Putu Made.

Salah satu yang menjadi sajian unggulan di Putu Made adalah satu set Bebek Betutu yang disajikan dengan sup Komo, lawar kacang panjang dan jagung, serta 3 jenis sambal yaitu Klungkung, Bongkot, dan sambal kelapa.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”12px”][vc_single_image image=”6613″ img_size=”full” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_empty_space height=”12px”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Bebek betutu sendiri adalah makanan khas Bali yang dibuat dari bebek yang dimasak selama 5 jam sehingga bumbu benar-benar meresap sampai ke tulangnya. Jika biasanya bebek dibungkus dengan daun pisang, Putu Made mencoba mempertahankan rasa aslinya dengan menggunakan pelepah pohon palem.

Yang unik adalah cara menyantap bebek yang harus dicampur dengan isian bebek berupa daun singkong yang telah dibumbui. Bumbunya sangat terasa dan dagingnya tidak amis sama sekali. Saking lembutnya daging, kita dapat dengan mudah melepaskannya dari tulang.

Agar lebih segar, bebek betutu harus disantap bersama sup Komo yaitu sup yang dibuat dari perpaduan kaldu ayam dan kaldu bebek. Rasanya asin menyegarkan.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”12px”][vc_single_image image=”6614″ img_size=”full” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_empty_space height=”12px”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Tidak lengkap rasanya menyantap makanan Bali tanpa adanya lawar. Jika biasanya lawar dibuat dari kacang panjang yang dicampur dengan rempah khas bumbu Bali, Putu Made membuat inovasi lawar yang tidak akan ditemui di restoran Bali lainnya.

Lawar jagung  menjadi alternatif bagi yang kurang suka dengan kacang panjang. Lawar jagung bercitarasa segar dan renyah karena jagung hanya dimasak sebentar. Rasa manis sedikit terasa, namun tidak mengurangi kelezatannya.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”12px”][vc_single_image image=”6615″ img_size=”full” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_empty_space height=”12px”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Masakan khas Bali memiliki rasa yang berbeda dari masakan Nusantara lainnya. Bisanya, masakan Bali sering menggunakan batang kecombrang untuk menambah rasa dan aroma masakan. Selain itu, Bali memiliki bumbu khas yang disebut Basa Genep. Basa Genep adalah perpaduan bumbu yang terdiri dari lengkuas, kunyit, jahe, dan kencur.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”12px”][vc_single_image image=”6616″ img_size=”full” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_empty_space height=”12px”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Selain Bebek Betutu, Putu Made juga menyediakan aneka menu khas Bali lainnya, seperti rujak udang jeruk Bali yang asam menyegarkan, bebek Ubud goreng, sup ikan tenggiri, ekor tenggiri bakar, aneka sate, dan dessert seperti klepon nangka dan pisang rai.

Untuk menjaga rasa agar tetap alami, Putu Made mengolah semua makanannya dengan menggunakan api dari sabut kelapa. Sabut kelapa digunakan agar aroma masakan yang dihasilkan lebih harum.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”12px”][vc_single_image image=”6617″ img_size=”full” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_empty_space height=”12px”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Dengan harga mulai dari Rp 29 ribu sampai dengan Rp 650 ribu untuk makanan dan Rp 15 ribu sampai Rp 95 ribu untuk minuman, kamu sudah bisa menikmati aneka makanan khas Bali yang otentik. Penasaran mencobanya?

 

Source: Kumparan[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]